“Dari I’rbad bin Sariyah RA ia berkata: Rasulullah SAW memberikan nasehat (pengarahan) pada kami, dan hentikan bergerak hingga keluar air mata kami karenanya”. (H.R. Tirmidzi)

Bagaimana Sarana Prasarana di MIN Manisrejo
 
Galat
  • Galat memuat data umpan.

Kurikulum 

Paradigma pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang sangat mendasar. Hal ini ditandai dengan berlakunya Kurikulum 2013 yang mengutamakan kecerdasan spiritual meskipun tentu tidak meninggalkan aspek kognitif dan afektif.

Perubahan zaman yang cepat dan kompetisi global yang dasyat menuntut murid memiliki bekal agama dan ilmu pengetahuan yang berimbang dan kemampuan Imtaq dan Iptek merupakan prasyarat untuk memenangkan kompetensi di segala bidang.

MIN Manisrejo menjawab tantangan tersebut dengan membekali Imtaq dan Iptek (Kurikulum Kemenag, Kemendikbud, Muatan Lokal dan pembiasaan).

 

Kurikulum yang ditetapkan di MIN Manisrejo mengacu pada standar isi 2006 dengan PP No. 19 Tahun 2006 untuk mata pelajaran Umum dan Standar Isi 2008 untuk materi Agama yang memerlukan inovasi-inovasi bidang kurikulum dan pembelajaran, yaitu:

1. I Love Al-Qur’an, yaitu pembiasaan baca Al-Qur’an 10 menit sebelum pelajaran.

2. Pembelajaran dengan pendekatan PAKEMI yang berbasis CTL (Contextual Teaching dan Learning)

3. Penilaian Berbasis Kelas dan Program Remidi

4. Program-program Pembiasaaan Akhlak: Sholat Dhuha, Sholat Dhuhur, Do’a Pagi, Infaq Jum’at, Jum’at Bersih

5. Pagi Bersama Nabi (PBN)

6. Good Morning Students, yaitu penyambutan murid setiap hari

7. Bimbingan Sukses UASBN

8. Kurikulum Lembaga (BTA, Komputer dan Bimbingan Ibadah)

 

bses

tom

tom

jatim kemenag