“Dari I’rbad bin Sariyah RA ia berkata: Rasulullah SAW memberikan nasehat (pengarahan) pada kami, dan hentikan bergerak hingga keluar air mata kami karenanya”. (H.R. Tirmidzi)

Bagaimana Sarana Prasarana di MIN Manisrejo
 
Galat
  • Galat memuat data umpan.

Sejarah

Berdirinya MIS Fathul Ulum di Manisrejo merupakan hasil perjuangan dan pengorbanan yang sangat besar dari tokoh-tokoh serta warga masyarakat setempat, hal ini terbukti bahwa sebelum berdirinya MIS Fathul Ulum secara resmi, pelaksanaan pendidikan berlangsung dirumah-rumah penduduk yang merelakan tempatnya digunakan untuk kepentingan pendidikan demi memajukan Sumber Daya Manusia warga masyarakat setempat.

          Kemudian atas prakarsa tokoh umat Islam  dan warga masyarakat yang pada waktu itu dipimpin oleh Kepala KUA Manisrejo Bapak Umar Suyud serta  atas kebaikan hati Bapak Sukadi yang telah memberikan bantuan sebuah rumah, juga mendapatkan bantuan dari Bupati KDH Tk II kabupaten Madiun,  bapak Slamet Raharjo. maka pada tahun 1962  berhasil didirikan Madrasah Ibtidaiyah yang berdomisili diatas tanah wakaf (BKM) dibawah naungan yayasan “Fathul Ulum”.

      Dalam perkembangannya Madrasah ini cuku berliku-liku  hingga akhirnya pada tahun 1975/1976 Madrasah Ibtidaiyah ini diakui sebagai lembaga pendidikan Tingkat Dasar dilingkungan Departemen Agama Kota Madiun.

          Dalam usianya yang mencapai 47 tahun, MIS Fathul Ulum Manisrejo mampu menunjukkan pamornya yang menggembirakan, para siswa yang belajar disana semakin meningkat dan lulusan yang diperolehnya juga menggembirakan hingga dapat menampung 452siswa. Sesungguhnya jika tanah dan gedung tersedia Madrasah dapat menampung lebih banyak murid lagi, sehingga 3 tahun terakhir dalam penerimaan murid baru tidak tertampung semuanya.

     Mulai tahun 2003 yayasan Fathul Ulum menyerahkan pengelolaan Madrasah tersebut kepadaTeam Penegerian dan Pengelola MI Fathul Ulum Kandepag Kota Madiun, dengan diawali  rekomendasi dari berbagai fihak termasuk wali Kota Madiun untuk proses penegerian.

     SK Penegerian  Menteri Agama RI Nomor 91 tahun 2009 tanggal 19 Juni 2009 merupakan penguatan keberadaan MIN Manisrejo yang tahun ajaran 2010/2011 banyak mendapat kepercayaan dari masyarakat dengan menerima 180 murid baru ( 5 kelas)

 

bses

tom

tom

jatim kemenag